Apa itu VPS? dan Penjelasan Fungsi Serta Cara Kerjanya

Hallo teman sekalian, saat kamu tertarik dalam membuat sebuah website maka akan banyak pilihan yang diberikan, mulai dari  beragam penawaran menarik dari berbagai penyedia hosting. Tidak hanya itu kamu akan diberikan pilihan macam hosting apa …

vps adalah

Hallo teman sekalian, saat kamu tertarik dalam membuat sebuah website maka akan banyak pilihan yang diberikan, mulai dari  beragam penawaran menarik dari berbagai penyedia hosting. Tidak hanya itu kamu akan diberikan pilihan macam hosting apa yang ingin kamu gunakan. Selain pemilihan konsep, konten yang ingin dibahas dan detail lainnya.

Berbagai hostingan yang bisa kalian pilih adalah Shared Hosting, Cloud Hosting, WordPress Hosting, Dedicated Hosting, Unlimited Hosting dan (VPS) Virtual Private Server. Kali ini digitex.id akan membahas lebih dalam tentang jenis hosting VPS.

Seperti penjelasan diatas VPS adalah Virtual Private Server yang mana seperti ini lebih baik dibanding dengan Shared Hosting. Kami akan membahas lebih jauh tentang VPS mulai dari pengertian, fungsi, keunggulan, cara kerja dan kapan harus menggunakan Virtual Private Server atau VPS. Bagaimana penjelasan lengkapnya, simak di bawah ya!

Apa itu VPS?

apa itu vps
freepik.com

Virtual Private Server atau disingkat VPS adalah salah satu layanan web hosting yang menggunakan teknologi virtualisasi dan menyediakan sumber daya pribadi atau khusus pada server meskipun digunakan oleh lebih dari satu user. Umumnya VPS digunakan pada website yang membutuhkan sumber daya yang besar. Disebabkan pengguna tidak perlu berbagi sumber daya seperti shared hosting.

Secara sederhana cara kerja VPS menggunakan teknologi virtualisasi yang membagi server fisik menjadi beberapa sumber daya yang berbeda. Performa yang dihasilkan dengan sumber daya pribadi akan lebih maksimal, karena tidak terpengaruh dengan pengguna lainnya.

Fungsi VPS

Setelah memahami pengertian dari VPS, selanjutnya kami akan membahas fungsi VPS yang perlu kamu ketahui, berikut penjelasannya.

1. Web Hosting

Fungsi pertama VPS tentunya adalah sebagai web hosting. Hosting adalah tempat pinyimpanan data dan file website yang mana semua web memerlukan hal itu. VPS menyediakan sumber daya yang cocok bagi website yang memilik traffic tinggi. Sumber daya bisa di bilang proper atau pas, karena tidak terlalu besar seperti dedicated hosting dan juga tidak sekecil shared hosting.

2. Mengembangkan dan menguji aplikasi

Salah satu  fungsi VPS bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi. Aplikasi yang dikembangkan mulai dari aplikasi di dektop, website, hingga seluler.

Apabila kamu menggunakan VPS kamu bisa menginstal semua tools yang diperlukan. Misal kamu ingin membuat aplikasi berbasis Windows, kamu bisa menginstal Silverlight, framework.NET dan SQL.

VPS juga bisa membantumu untuk menguji aplikasi sebelum diluncurkan. Karena VPS menggunkan teknologi virtualisasi dimana kamu bebas membuat berbagai ruang khusus didalamnya, lalu menginstall aplikasi disana.

3. Game server

VPS juga memiliki fungsi sebagai game server. Melalui server pribadi, kamu jadi bebas melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan game online. Misal menginstal game online kemudia membuat aturan custome, membuat koneksi khusus untuk bermain game, menghindari campur tangan pihak ketiga dan mendapatkan akses root untuk mengelola game server agar sesuai kebutuhan.

Ada hal yang harus diperhatikan apabila kamu ingin menggunakan VPS sebagai game server. Hal yang perlu diperhatikan adalah kamu harus memiliki server yang cepat, penyimpanan yang cukup dan resource yang cukup besar.

4. Backup Data

Fungsi VPS yang terakhir adalah backup data. Peran untuk membuat pencadangan penyimpanan data ini penting karena semua server rentan mengalami kehilangan data. Baik itu dikarenakan file rusak, terhapus, salah konfigurasi, bahkan peretasan.

Bila kamu memiliki VPS untuk back up server, kamu bisa menyimpan data terakhir server secara up to date. Sehingga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada server utama, akan ada backup server yang bisa di restore bila diperlukan.

Keunggulan VPS

VPS juga memilki berbagai keunggulan dibandingkan hosting lainnya.  Berikut keunggulannya :

  • Mendapatkan lebih banyak bandwidth dan penyimpanan dibandingkan menggunakan shared hosting.
  • Bisa menentukan sistem operasi yang digunakan sesuai kebutuhan website.
  • Lebih leluasa dalam menentukan jenis panel kontrol yang digunakan.
  • Mempunyai kebebasan untuk mengubah pengaturan hosting yang digunakan.

Baca Juga :Perbedaan Hosting dan Domain Serta Peran dalam Membangun Website

Cara Kerja VPS

vps adalah
freepik.com

Secara sederahana VPS bekerja dengan cara melakukan virtualisasi pada sebuah server fisik dimana virtualisasi  ini akan mengisolasi sumber daya komputasi dari server tersebut ke beberapa server virtual. Bisa dicontohkan, misal sebuah server fisik dengan sumber daya 8 Core CPU dan 8 GB RAM akan di virtualisasikan menjadi 8 server virtual dengan sumber daya komputasi masing-masing 1 Core CPU dan 1 GB RAM.

Jadi intinya kamu akan berbagi satu server yang sama namun dengan sumber daya yang terisolasi yang hanya bisa kamu gunakan. Dengan menggunakan teknologi virtualisasi, hosting provider menginstall layer virtual di atas sistem operasi (OS) dari server. Layer ini membagi server ke partisi dan memungkinkan setiap user untuk menginstall OS dan software mereka.

Memilih VPS berarti kamu membuat website yang lebih aman dengan jaminan resource yang tidak perlu mengharuskan anda untuk berbagi bersama user lainnya. Dengan VPS hosting, kamu memiliki akses root-level yang sama sebagaimana kamu menyewa dedicated server tapi dengan harga lebih murah.

Waktu Tepat Menggunakan VPS

Setelah mengetahui fungsi, keunggulan serta cara kerja, selanjutnya kamu perlu mengetahui kapan waktu yang tepat menggunakan VPS. Karena tidak semua website harus menggunakan VPS walau keunggulannya sangat banyak. Berikut beberapa saran dari digitex tentang waktu yang tepat menggunkan VPS.

1. Saat Membutuhkan Penyimpanan File Berukuran Besar

Apabila kamu membutuhkan penyimpanan yang besar maka waktu yang tepat untuk kamu menggunakan VPS. Dengan menggunakan VPS, kamu bisa bebas menggunakan ruang penyimpanan yang tersedia. Sebab kamu tidak perlu berbagi ruang penyimpanan dengan pengguna lain. Sehingga kinerja website bisa maksimal.

2. Saat Traffic Website Teralu Tinggi

Apabila kamu memiliki website yang trafficnya terlalu tinggi, maka itu saat yang tepat untuk berganti menggunakan VPS. Karena seperti keunggulan yang sudah dijelaskan diatas, VPS memiliki resource dan bandwidth yang lebih besar. Sehigga, kecepran akses serta performa websitemmu tidak terganggu.

3. Saat Ingin Memiliki Kontrol Penuh Terhadap Website

Saat kamu menggunakan shared hosting maka kamu tidak diberikan kontrol penih saat menggunakannya. Maka dari itu kamu lebih baik segera pindah ke VPS hosting. Karena VPS akan memberikan kamu kontrol penuh terhadap website yang kamu miliki.

4. Saat Server yang Lebih Aman

Dengan adanya kontrol penuh dari pemiliki website, maka kemanan akan lebih terjamin. Ruang bandwith yang tidak terbagi-bagi dapat membuat server menjadi lebih stabil dan aman. Layan ini juga memungkinan kamu untuk mengatur konfigurasi keamanan serer VPS sesuai standar yang dibutuhkan. Sangat cocok digunakan perudahan atau website besar.

Leave a Comment