Aktivitas belanja offline kini semakin ditinggalkan. Mulai dari anak muda hingga pengguna dewasa, ramai-ramai beralih ke sistem belanja online, dan menggunakan aplikasi belanja online mereka masing-masing. Hal ini tentunya berdampak pada persaingan apliasi e-commerce yang ada di Indonesia.
Lantas, dari sekian banyak marketplace digital yang tersedia di Indonesia, mana aplikasi yang paling populer?
Aplikasi Belanja Online Terpopuler
Menurut beberapa survei, berikut beberapa aplikasi belanja online dengan pengguna terbanyak di Indonesia, yaitu:
-
Shopee

Menurut survei yang dilakukan YouGov, Shopee berhasil menempati posisi puncak persaingan aplikasi belanja di Indonesia. Dari laporan tersebut diketahui bahwa jumlah pengguna Shopee mencapai 89%. It didasarkan pada prospek belanja masyarakat pada event-event tertentu, salah satunya ketika ramadan.
Sementara itu data SimilarWeb menunjukkan tingginya akses kunjungan ke aplikasi tersebut. Angkanya mencapai 235,9 juta kunjungan pada Februari 2024.
-
Tokopedia

Menjadi pesaing ketat Shopee dan TikTok Shop, Tokopedia berhasil menjadi platform belanja online terpopuler kedua di Indonesia. Aplikasi yang juga rekanan TikTok Shop itu berhasil meraih angka kunjungan 100,3 juta secara global pada Februari 2024.
-
Lazada

Selalu punya tagline yang ikonik dan konsep iklan menarik, berhasil membawa Lazada menempati posisi ketiga sebagai aplikasi belanja online terpopuler di Indonesia. Survei YouGov memperlihatkan ada sekitar 34% pengguna yang memutuskan belanja keperluan ramadan di aplikasi ini.
Data SimilarWeb juga memperlihatkan adanya kunjungan yang cukup ramai pada Februari 2024 kemarin, angkanya mencapai 45,03 juta kunjungan secara global.
-
Blibli

Meski mulai jarang terdengar, Blibli masih jadi platform e-commerce terpopuler di Indonesia, terutama untuk memenuhi kebutuhan harian dan belanja barang-barang spesifik seperti produk elektronik. Secara angka, Blibli berada di posisi keempat dengan kunjungan bulanan mencapai 24,15 juta pada Februari 2024.
Selain itu, ada sekitar 7 respon YouGov yang menyebut masih mengandalkan Blibli untuk belanja berbagai produk ramadan di tahun 2024.
-
Bukalapak

Mengikuti Blibli, aplikasi belanja online satu ini berhasil masuk dalam jajaran Top 5 platform e-commerce terpopuler di tanah air. SimilarWeb mencatat ada sekitar 4,42 juta kunjungan yang terjadi pada Februari 2024 kemarin.
Sementara itu, ada sekitar 9% responden YouGov masih menggunakan Bukalapak untuk belanja keperluan ramadan.
-
Bhinneka

Platform belanja satu ini sangat terkenal dengan produk elektronik mereka, terutama gadget seperti smartphone dan laptop. Memiliki nama besar dan pengalaman yang cukup lama di industri marketplace Indonesia, membuat Bhinneka masih dipercaya pengguna untuk mencari perbandingan harga produk, serta bocoran harga produk terbaru di pasaran.
-
Sociolla

Punya target market yang spesifik, menjadikan Sociolla sebagai platform belanja yang sangat terkenal di kalangan para remaja wanita. Khususnya mereka yang mulai tertarik dengan produk kecantikan, dan mencari toko dengan produk-produk yang terjamin serta berkualitas.
Sebab dalam memasarkan produk, Sociolla menjalin kerjasama dengan distributor resmi, sehingga menjadi produk mereka aman dan terjamin kualitasnya.
-
Social-Commerce

Selain beberapa marketplace di atas, YouGov memaparkan ada sejumlah sosial media yang juga cukup populer di kalangan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan belanja mereka, misalnya seperti Facebook Marketplace, Instagram Shop, serta WhatsApp dan LINE Business.
Banyaknya pilihan aplikasi belanja online ini tentunya membuat pilihan kita semakin terbuka lebar. Alih-alih merasa bingung untuk menggunakan platform yang mana, kita hanya perlu berbelanja sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan produk yang diinginkan.
Karena setiap marketplace punya ciri khas sendiri, dan pilihan produk yang cukup spesifik. Sehingga kita sebagai pengguna bisa berbelanja dengan leluasa.