Bansos (bantuan sosial) merupakan salah satu cara pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bantuan yang diberi, diharapkan dapat membantu mengurangi kemiskinan, dan meringankan beban hidup masyarakat. Dalam penyalurannya, pemerintah juga menggunakan aplikasi Cek Bansos.
Dengan adanya aplikasi Cek Bansos Kemensos, pemerintah berupaya agar masyarakat bisa mendapat bantuan secara tepat sasaran, dan menerima informasi bantuan secara cepat.
Aplikasi Cek Bansos untuk Apa?
Kamu mungkin penasaran, aplikasi cek bansos bisa dipakai untuk apa saja. Sebelum itu, kamu harus pahami terlebih dahulu bahwa apliasi cek bansos merupakan platform digital yang dirancang oleh Kementerian Sosial (Kemensos), dan dipakai untuk mengecek status kepesertaan bansos, mengajukan usulan, dan menyanggah data penerima bansos.
Aplikasi cek bansos memberikan manfaat untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas penyaluran bansos, penyaluran bansos yang tepat sasaran, dan membantu masyarakat dalam mengakses informasi dan layanan terkait bansos
Berapa Lama Usulan Bansos Diterima?
Jika kamu belum menerima bansos, dan belum terdaftar dalam sistem yang sudah disediakan. Kamu bisa mengajukan diri sebagai penerima bansos melalui platform Cek Bansos Kemensos.
Pengusulan bansos dilakukan melalui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) biasanya membutuhkan waktu 7–15 hari kerja. Lama waktu ini tergantung kecepatan verifikasi dan validasi data di tingkat daerah.
Setelah terdaftar dalam DTKS, data tersebut dapat digunakan untuk memperoleh bantuan sosial, seperti Program Keluarga Harapan (PKH).
Selain itu, data tersebut juga dapat digunakan untuk mendaftar Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan kartu Prakerja.
Untuk mengetahui status penerimaan bansos, kamu dapat memantau melalui situs resmi pemerintah atau aplikasi yang disediakan.
Manfaat Menggunakan Cek Bansos Kemensos

Berikut beberapa kegunaan aplikasi Cek Bansos yang bisa kamu rasakan manfaatnya, yaitu:
Mengecek status kepesertaan bansos: Kamu dapat dengan mudah mengetahui apakah sudah terdaftar sebagai penerima bantuan sosial atau tidak.
Mengajukan usulan dan sanggahan: Jika ada ketidaksesuaian data atau masyarakat merasa berhak mendapatkan bansos, dapat mengajukan usulan atau sanggahan melalui aplikasi.
Mempercepat proses pendaftaran: Dengan adanya platform digital, proses administrasi bansos menjadi lebih efisien.
Memastikan hak atas bansos terpenuhi: Pengecekan status bansos secara rutin membantu masyarakat memastikan bahwa mereka menerima bantuan yang menjadi hak mereka.
Cara Menggunakan Aplikasi Cek Bansos
Untuk menggunakan aplikasi Cek Bansos sangat mudah, dan bisa diakses oleh siapapun. Kamu hanya perlu mengikuti langkah berikut:
- Unduh aplikasi Cek Bansos di Apps Store atau Play Store.
- Lakukan registrasi dan buat akun berdasarkan data pribadi.
- Login setelah proses registrasi berhasil.
- Cek menggunakan data pribadi status Bansos yang kamu miliki.
Supaya mendapatkan hasil yang akurat, pastikan kamu mengisi informasi pengguna berdasarkan data pribadi yang valid. Jika mengalami kesulitan, segera hubungi call center untuk mendapatkan bantuan.
Jika kamu mengalami kendala dalam menggunakan aplikasi Cek Bansos, kamu pun bisa mengakses informasi tersebut melalui website resmi Cek Bansos.
Dengan adanya aplikasi Cek Bansos, kita sebagai masyarakat tentunya merasa sangat terbantu. Sebab diberikan akses informasi mengenai bantuan yang diberikan oleh pemerintah, dan bisa memastikan bahwa bantuan tersebut disalurkan secara tepat.