8 Cara Mudah Mengatasi Automatic Repair Windows 10

Laptop tidak menyala? Windows 10 gagal booting? Tenang, simak cara mengatasi automatic repair windows 10 dari Digitex ini! Baca juga: Booting Apa itu Automatic Repair Windows 10 Automatic repair windows 10 adalah mode saat sistem …

automatic repair windows 10

Laptop tidak menyala? Windows 10 gagal booting? Tenang, simak cara mengatasi automatic repair windows 10 dari Digitex ini!

Baca juga: Booting

Apa itu Automatic Repair Windows 10

automatic repair windows 10

Automatic repair windows 10 adalah mode saat sistem operasi Windows 10 terdeteksi mengalami masalah startup. Fitur dari Windows 10 ini secara otomatis membantu mendiagnosis masalah startup pada Windows 10. Jika berhasil, fitur ini dapat memperbaiki proses startup pada perangkat. Selain itu, bantuan dari tenaga ahli sangat direkomendasikan jika fitur ini kurang membantu.

Penyebab masalah startup

automatic repair windows 10

Windows 10 akan masuk ke mode automatic repair Windows 10 jika sistem operasi Windows 10 mendeteksi adanya masalah startup. Masalah startup adalah situasi saat perangkat tidak bisa menyala, muncul layar hitam atau biru, atau berada dalam mod restart berulang-ulang. Situasi ini bisa teratasi melalui fitur automatic repair Windows 10.

Mematikan perangkat tiba-tiba

Saat perangkat dimatikan tanpa menunggu proses shutdown selesai, sistem file dalam perangkat akan rusak. Dalam jangka panjang, sistem file yang rusak akan menyebabkan masalah startup.

Gangguan listrik

Saat perangkat menyala dan sistem operasi Windows 10 sedang berjalan, lalu tiba-tiba terjadi gangguan listrik, data dalam perangkat akan rusak. Dalam jangka panjang, data yang rusak akan menyebabkan masalah startup.

Virus komputer

Virus komputer adalah perangkat lunak yang bisa merusak sistem operasi sebuah perangkat. Adanya virus komputer. Tak hanya itu, virus komputer juga dapat merusak motherboard. Kerusakan tersebut memicu adanya masalah startup.

Hardware rusak

Hardware adalah komponen fisik yang membentuk sebuah perangkat. Hardware meliputi mouse, keyboard, motherboard, RAM (Random Access Memory), dan hard drive. Kerusakan hardware akan menimbulkan masalah startup.

Sistem file rusak

Perangkat komputer atau laptop membutuhkan sistem file yang baik untuk mengoperasikan Windows 10. Jika sistem file rusak, maka sistem operasi perangkat akan terganggu. Itulah yang memicu adanya masalah startup.

Cara mengatasi automatic repair Windows 10

automatic repair windows 10

Automatic repair windows 10 ibarat pemberitahuan bahwa terjadi masalah dalam sistem operasi Windows 10. Tidak perlu bingung dan panik. Ikuti cara-cara di bawah ini untuk memudahkanmu mengatasi masalah startup seperti loop restart, virus komputer, dan munculnya layar biru hitam.

Ikuti proses automatic repair windows 10

Automatic repair Windows 10 adalah fitur yang membantu mendeteksi masalah startup. Cukup ikuti proses dan pilih opsi yang sesuai dengan kondisi perangkat komputer/laptop. Setiap opsi akan dijelaskan tujuan dan hasilnya. User bisa memilih ketiga opsi tersebut secara bergantian jika masalah startup masih belum teratasi.
Saat muncul pop up Automatic Repair, klik Advanced options
Jika ingin mengembalikan komputer Anda ke kondisi sebelumnya, pilih opsi System Restore
Jika ingin memperbaiki masalah startup secara otomatis, pilih opsi Startup Repair
Jika ingin mendiagnosis dan memperbaiki masalah, pilih opsi Command Prompt

Periksa perangkat komputer atau laptop

Periksa tiga aspek dalam perangkat komputer atau laptop yang sedang digunakan. Bisa saja masalah startup dipicu oleh instalasi hardware atau software yang tidak sesuai, hard drive yang bermasalah, atau terjangkit virus komputer.
Pastikan hardware atau software sesuai dengan sistem operasi Windows 10
Pastikan hard drive dalam kondisi baik
Pastikan komputer atau laptop bebas dari virus komputer

Restart perangkat komputer atau laptop

Matikan perangkat lalu nyalakan ulang perangkat komputer atau laptop. Jika masih menunjukkan masalah startup, lakukan cara lain yang direkomendasikan.

Pulihkan atau lakukan instalasi ulang Windows 10

Jika restart perangkat belum menyelesaikan masalah, maka disarankan untuk memulihkan dan melakukan instalasi ulang sistem operasi Windows. Minta bantuan tenaga ahli agar masalah startup dapat teratasi dengan efektif.

Kesimpulan

Automatic repair windows 10 adalah fitur dari Windows 10 yang membantu menemukan pemicu masalah startup perangkat komputer atau laptop.

Masalah startup dipicu oleh kesalahan saat mematikan perangkat, adanya virus, gangguan listrik, atau kerusakan sistem file.

Masalah startup menimbulkan munculnya layar hitam dan biru pada perangkat komputer dan laptop. Proses restart berulang-ulang juga sangat mungkin terjadi.

Untuk mengatasi masalah startup, user hanya perlu mengikuti proses automatic repair Windows 10, mengecek kondisi hardware dan software, mendeteksi adanya virus, menyalakan ulang perangkat komputer atau laptop, serta langkah terakhir adalah memulihkan atau instalasi ulang Windows 10.

Farras Hasna Taqiyya senang belajar hal baru lewat artikel how-to. Belajar menulis sejak 2013 di surat kabar lokal. Kini merambah ke SEO content writing.

Leave a Comment