Ingat 5 Trick Bio Instagram Ini! Followers Auto Nambah

Apa yang paling menarik saat mengunjungi profil akun Instagram seseorang?

Pertama, foto profil.

Kedua, Bio Instagram.

Bio biasanya diisi dengan deskripsi akun, produk, jasa, slogan, atau kalimat singkat yang menggambarkan karakter sebuah akun.

Terdapat banyak cara untuk membuat Bio yang menarik dan aesthetic.

Simak rangkuman dari Digitex.id di bawah ini!

Baca Juga: Cara Melihat Foto Profil Instagram

Apa itu Bio Instagram

bio instagram

Bio Instagram adalah informasi umum yang terletak di halaman profil sebuah akun Instagram.

Bio mencakup username, foto profil, dan link.

Bio juga menyediakan 150 kata yang bisa diisi dengan kata-kata menarik, profesi, hobi, kegiatan, komunitas, slogan, penjelasan mengenai karakter Instagram User, maupun tujuan mengapa akun tersebut dibuat.

Bio dapat disunting tanpa batas waktu dan jumlah.

Mengapa Bio Instagram penting

Bio Instagram adalah salah satu daya tarik utama sebuah akun Instagram.

Saat seseorang mengunjungi sebuah akun, Bio dapat menginformasikan konten apa saja yang diunggah di akun tersebut.

Selain sebagai informasi, Bio juga dapat digunakan untuk memasarkan produk dan jasa secara efektif, mengenalkan brand baru, atau menjadi identitas sebuah akun Instagram.

Apa saja yang harus ada di Bio Instagram

bio instagram

Bio Instagram terdiri dari nama, username, kategori akun, kontak, pronouns, foto profil, bio, link, jenis akun, dan call-to-action.

Instagram User disarankan untuk melengkapi informasi yang diperlukan dalam Bio.

Tujuannya agar akun mudah dikenali, mudah ditemukan, dan bisa meningkatkan performa akun, terutama bagi business account dan creator account.

Nama dan username

Instagram user bisa menambahkan nama di akun Instagram.

Nama yang dicantumkan bisa berupa nama asli, inisial, nama brand, jenis profesi, jenis jasa, atau jenis produk yang ditawarkan.

Nama yang dicantumkan di Bio dapat membuat akun tersebut mudah ditemukan, dikenal, dan diingat oleh audiens. Begitu juga dengan username.

Setiap username itu unik dan hanya bisa digunakan oleh satu akun.

Jadi, sebisa mungkin gunakan username yang mewakili citra akun.

Foto profil

Foto profil berperan penting dalam meningkatkan kredibilitas sebuah akun Instagram.

Tanpa foto profil, sebuah akun Instagram akan sulit dikenali, dan tidak dipercaya oleh audiens.

Maka dari itu, Instagram User disarankan untuk mengunggah foto profil.

Foto profil ini bisa berupa tampilan wajah hingga bahu, atau wajah hingga pinggang.

Jika menggunakan business account, Instagram user bisa menggunakan logo atau brand sebagai foto profil.

Kategori akun

Kategori akun adalah istilah yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah akun Instagram.

Fitur ini bisa diakses oleh Instagram user dengan business account.

Kategori akan dapat memudahkan audiens untuk mengenali jenis akun.

Terdapat berbagai pilihan kategori akun yang mencakup bidang jasa, profesi, komunitas, non-profit, komersial, maupun hiburan.

Tak jarang, Instagram user menampilkan kategori akun yang tidak sesuai dengan profesi atau jenis konten yang diunggah.

Hal tersebut umumnya dilakukan sebagai lelucon saja. Namun perlu diwaspadai jika sudah mencurigakan.

Pronouns

Pronouns atau kata ganti adalah fitur serupa kategori akun.

Fitur pronouns dapat diakses oleh personal account, baik akun public maupun akun privat.

Pronouns memudahkan audiens untuk mengenali gender Instagram user.

Misalnya, seorang Instagram user memiliki nama yang sulit dikenali karena menggunakan symbol dan angka, fitur pronouns membantu identifikasi gender Instagram user tersebut.

Bio

Bio adalah fitur dari Instagram yang memungkinkan Instagram user untuk mendeskripsikan akunnya.

Informasi yang bisa ditampilkan adalah berupa jasa atau produk yang ditawarkan, profesi, hobi, kota asal, atau kata-kata favorit.

Bio memudahkan audiens untuk mengenal secara singkat konten apa saja yang diuanggah di sebuah akun.

Bio juga digunakan untuk mengenalkan karakter seorang Instagram user dalam 150 kata saja.

Kontak

Kontak umumnya berupa nomor telepon atau e-mail yang sering digunakan.

Instagram user dengan business account wajib menyertakan kontak untuk mempermudah pemasaran produk dan jasa.

Selain itu, sebuah akun komunitas atau non-profit juga bisa mencantumkan kontak untuk mempromosikan acara dan kegiatannya.

Call-to-action

Call-to-action adalah ajakan dari Instagram user kepada audiens untuk berinteraksi di dalam akun tersebut.

Misalnya, sebuah akun sedang menawarkan produk. Maka terdapat ajakan atau anjuran untuk mengunjungi situs yang berisi daftar produk yang ditawarkan.

Hal ini juga berlaku bagi Instagram user dengan creator account yang mengajak audiens untuk mengunjugi situs berisi karyanya.

Link

Link adalah fitur dari Instagram yang memungkinkan Instagram user untuk mencantumkan situs bisnis, produk, jasa, layanan, atau situs lainnya yang ditawarkan.

Link yang dicantumkan bisa berupa Link Tree brupa gabungan beberapa link, atau link khusus situs tertentu.

Misalnya, sebuah akun brand gadget ingin mempromosikan gadget terbaru.

Maka akun tersebut bisa mencantumkan link tree berisi situs pembelian produk, situs media sosial lainnya, atau website brand tersebut.

Tips Bio Instagram

  • Selalu up date dengan fitur terbaru Instagram
  • Gunakan kalimat yang menggambarkan ciri khas akun atau karakter Instagram user
  • Lengkapi seluruh informasi yang ada di Bio
  • Gunakan call-to-action dan link
  • Gunakan font khusus untuk menambah daya tarik

Aplikasi untuk membuat Bio Instagram

Bio Instagram
viv.co.id

Instagram user bisa memanfaatkan aplikasi untuk membuat Bio Instagram yang menarik.

Salah satunya adalah aplikasi untuk kustom font yang dipakai di Bio.

Berbeda dengan font default di Instagram. Bio dengan font khusus akan menampilkan teks dalam format bold, italic, dan font unik lainnya.

Selain itu, bisa juga mencantumkan link di Bio untuk meningkatkan penjualan, promosi, dan followers.

Meta Tags

Instagram user bisa mengunjungi situs Meta Tags lalu memilih font unik untuk dipasang di Bio.

Kamu hanya perlu klik Font Generator tanpa download aplikasi.

Nantinya akan muncul piihan font, lalu pilih font yang disukai.

Kamu bisa melihat secara langsung preview tampilan font tersebut.

Setelah itu, copy paste font pilihanmu ke Bio Instagram di akunmu. Gratis.

Bio.Link

Ingin mencantumkan link ke Bio? Gunakan situs Bio.Link secara gratis.

Mirip Linktree, situs ini menawarkan fasilitas serupa.

Cukup satu klik, dan Instagram user bisa memilih Kumpulan link terkait dalam satus situs.

Tidak perlu download aplikasi, langsung klik Bio Link lalu kustom link yang ingin dipasang di Bio akun Instagram mu.

Kesimpulan

Bio Instagram mencakup foto profil, username, Bio, link, dan sebagainya.

Instagram user baik dengan akun personal, akun bisnis, atau akun creator, bisa mengatur tampilan Bio yang diinginkan.

Bio menjadi penting karena mampu meningkatkan brand awareness, sales, leads, bahkan followers.

Hanya dengan kalimat singkat yang mampu mendeskripsikan karakter akun, produk dan jasa yang ditawarkan akun, atau tujuan pembuatan akun, followers akan tertarik untuk mengunjungi akunmu.

Selain itu, perlu diketahui fitur-fitur tambahan di Bio Instagram yang selalu diperbaharui.

Tetap up to date dan mampu mengikuti tren adalah kunci untuk membuat Bio Instagram yang menarik.

Farras Hasna Taqiyya senang belajar hal baru lewat artikel how-to. Belajar menulis sejak 2013 di surat kabar lokal. Kini merambah ke SEO content writing.

Leave a Comment