5 Cara Melihat Instagram Insights dan Fungsinya

Instagram user dengan business account atau creator account akan menemukan fitur Instagram Insights di akunnya. Fitur ini menampilkan informasi mengenai jumlah Reach, Engangement, dan Content Interaction dari sebuah akun. Fitur ini cocok untuk Instagram user …

instagram insights

Instagram user dengan business account atau creator account akan menemukan fitur Instagram Insights di akunnya. Fitur ini menampilkan informasi mengenai jumlah Reach, Engangement, dan Content Interaction dari sebuah akun. Fitur ini cocok untuk Instagram user yang ingin mengembangkan akunnya. Bagaimana cara melihat Insights? Baca caranya di bawah ini.

Baca Juga: Tips Sorotan Instagram

Apa Itu Instagram Insights

Instagram Insights

Insights adalah fitur dari Instagram yang menampilkan informasi umum mengenai kinerja akun yang sedang dikelola.

Perlu diingat, Instagram Insights hanya ada dalam Instagram dengan business account atau creator account.

Selain itu, fitur ini hanya bisa diakses di Android atau iOS. Secara gratis, Instagram user bisa mendapatkan laporan mingguan perkembangan akunnya.

Mengapa Instagram Insights Penting

Insights membantu Instagram user untuk mengetahui metrik perkembangan akun. Jika kamu Instagram user dengan business account atau creator account, kamu akan menemukan banyak informasi penting di Instagram Insights. Saat kamu bisa mengelola informasi yang tertera di Insights, kamu bisa meningkatkan followers dan jangkauan kontenmu.

Fungsi Instagram Insights

Insights berisi rangkuman informasi mingguan dan bulanan dari perkembangan akun. Ada pula data jumlah Impression, Reach, Engangement, dan Content Interaction. Kamu juga bisa melihat infografis sederhana mengenai jumlah followers, jenis kelamin followers, kota asal followers, rentang usia followers aktif, jumlah penonton di setiap post yang diunggah, dan data tentang post yang dipromosikan dengan fitur iklan.

Jenis Instagram Insights

Instagram Insights

Instagram Insights mencakup informasi singkat dari sejumlah metriks. Beberapa diantaranya adalah jumlah Likes, Shares, Comments, dan Saves per post dalam kurun waktu tertentu. Kamu bisa menemukan data lainnya jika kamu menggunakan business account atau creator account. Sebelum melihat Instagram Insights, ada baiknya untuk mengetahui metriks yang terdapat di Instagram Insights.

Accounts Reached

instagram insights

Data ini menunjukkan seberapa banyak akun yang telah dijangkau oleh akunmu dalma kurun wkatu tertentu. Jumlah Accounts Reached ditentukan oleh seberapa popular post yang terunggah. Semakin popular, maka akan semakin banyak akun yang dijangkau oleh post tersebut.

Impressions

Data ini menunjukkan seberapa banyak post yang terunggah dilihat oleh Instagram user lain. Jumlah Impressions ditentukan oleh seberapa popular post yang terunggah. Semakin popular, maka akan semakin sering post tersebut ditampilkan dan dilihat.

Reached Audience

instagram insights

Data ini menunjukkan demografi singkat mengenai audiens yang berhasil dijangkau oleh posts atau akunmu. Terdapat informasi singkat tentang dari kota mana audiens terbanyak berasal, dari negara mana audiens terbanyak berasal countries, jenis kelamin audiens, dan rentang usia audiens yang melihat posts terunggah.

Followers and non-followers

Data ini menunjukkan persentase jenis audiens yang berinteraksi dengan posts atau akunmu.

Content reach

instagram insights

Data ini menunjukkan jenis konten apa yang memiliki jumlah jangkauan terbanyak. Jumlah jangkauan akun dan posts ini bisa berasal dari reels, photo, stories, videos yang terunggah.

Profile Activity

Data ini menunjukkan berapa kali profilmu dilihat dan dikunjungi oleh Instagram user lain. Instagram juga memunculkan data mengenai ke mana Instagram user mengunjungi profilmu. Misalnya, hanya melihat profil, mengunjungi situs yang dicantumkan, dan sebagainya.

Accounts Enganged

Data ini menunjukkan jumlah akun yang berinteraksi dengan posts atau akunmu. Jumlah Accounts Reached ditentukan oleh seberapa popular post yang terunggah. Semakin popular, maka akan semakin banyak akun yang dijangkau oleh post tersebut.

Enganged audience

Data ini menunjukkan demografi singkat mengenai audiens yang berinteraksi dengan posts atau akunmu. Terdapat informasi singkat tentang dari kota mana audiens terbanyak berasal, dari negara mana audiens terbanyak berasal countries, jenis kelamin audiens, dan rentang usia audiens yang melihat posts terunggah.

Total Followers

instagram insights

Data ini menunjukkan jumlah followers dari akunmu selama kurun wkatu tertentu. Jumlah followers tersebut diganbarkan dengan grafik yang menunjukkan jumlah followers baru, jumlah unfollowers, dan dinamika jumlah followers secara keseluruhan.

Top locations

Data ini menunjukkan kota asal maupun negara asal dari followers. Hanya terdapat 5 kota dan negara asal dengan followers terbanyak yang akan dicantumkan di data ini.

Age range

Data ini menunjukkan rentang usia followers baik laki-laki, perempuan, maupun secara keseluruhan.

Gender

Data ini menunjukkan persentase jenis kelamin followers dari akunmu.

Most active times

Data ini menunjukkan waktu di mana followers aktif menggunakan Instagram pada jam dan hari tertentu.

Cara Melihat Instagram Insights

Setelah memahami Instagram Insights, tentu kamu bertanya-tanya bagaimana cara melihat Instagram Insights. Perlu diingat, fitur ini hanya tersedia di aplikasi Instagram. Untuk itu, kamu harus masuk ke akun Instagram terlebih dulu untuk mengakses fitur ini. Terdapat beberapa cara untuk melihat Instagram Insights. Kamu bisa melihat Insights secara keseluruhan atau per post.
Buka akun Instagram
Klik ikon tiga garis di pojok kanan atas
Klik opsi Insight
Opsi lainnya adalah dengan klik Professional dashboard di bawah Bio

Cara Melihat Insights Posts

Instagram user dengan dengan business account atau creator account bisa mengakses fitur Insights secara gratis. Jika kamu mengaktifkan iklan pada post yang diunggah, kamu akan melihat jumlah Engagement, Post Interactions, dan jumlah akun yang berhasil dijangkau. Kamu juga bisa melihat data terkait jumlah Likes, Shares, Comments, dan Saves.
Buka akun Instagram
Cari post yang ingin dilihat Insights-nya
Klik View insight di bawah post

Cara Melihat Insights Instagram Stories

Kamu bisa melihat insights Instagram Stories dalam kurun waktu 24 jam selama Stories terunggah. Bahkan, Insights Instagram Stories bisa dilihat selama 7 hari setelah Stories terunggah. Syaratnya, akun yang digunakan harus berupa business account atau creator account. Terdapat informasi singkat tentang jumlah Shares dan Replies.
Buka akun Instagram
Klik foto profil
Cari Stories yang ingin dilihat Insights-nya
Swipe Up Story tersebut

Cara Melihat Insights Instagram Reels

Reels atau video dengan rasio 9:16 yang diunggah ke Feed, bisa kamu lihat Insights-nya. Sama seperti post lain, kamu harus menggunakan business account atau creator account untuk mengakses fitur ini. Dengan begitu, kamu akan menemukan data berupa jumlah akun yang berhasil dijangkau, seberapa lama Reels tersebut ditonton, dan berapa kali Reels tersebut dimainkan.
Buka akun Instagram
Cari Reels yang ingin dilihat Insights-nya
Klik View insight di bawah Reels

Cara Melihat Insights Instagram Live

Instagram Live adalah siaran video secara real-time. Instagram Live bisa diakses oleh semua Instagram user. Kamu perlu menyiarkan Instagram Live minimal 1 menit agar bisa dilihat Insights-nya. Saat kamu menyelesaikan Live, Live video akan tersimpan di Feed dan di Live Archives. Kamu bisa mengakses data mengenai jumlah Comments dan Shares. Tersedia pula data jumlah Engagement, Post Interactions, dan jumlah akun yang berhasil dijangkau.
Buka akun Instagram
Cari Live video yang ingin dilihat Insights-nya
Klik View insight di bawah Live video

Kesimpulan

Instagram Inisghts adalah salah satu tool dari Instagram khusus business account dan creator account.
Untuk bisa melihat Instagram Insights, diperlukan minimal 100 followers dan sejumlah posts.
Instagram Insights bisa digunakan untuk menentukan strategi pemasaran konten di Instagram.
Selain itu, Instagram Insights juga bisa memudahkan Instagram user untuk mengetahui perkembangan akun dan karakteristik followers-nya.

Farras Hasna Taqiyya senang belajar hal baru lewat artikel how-to. Belajar menulis sejak 2013 di surat kabar lokal. Kini merambah ke SEO content writing.

Leave a Comment