Apa itu Feed Instagram? Feed Instagram adalah fitur dari Instagram yakni halaman utama akun. Feed Instagram ini berupa bio, foto profil, tautan, sorotan cerita (Highlights), serta kumpulan foto dan video (Reels) yang diunggah oleh Instagram user. Feed Instagram memudahkan user untuk berbagi konten atau melakukan pemasaran produk. Ingin memiliki feed Instagram menarik? Simak 5 cara di bawah ini.
Fungsi Feed Instagram
Feed dari personal account Instagram dan business account Instagram cukup berbeda.
Personal account umumnya bertujuan untuk saling terhubung dengan keluarga, kerabat, dan teman. Sehingga, akun pribadi cenderung berisi konten pribadi yang disesuaikan dengan selera user.
Sedangkan akun bisnis bertujuan untuk meningkatkan brand awareness, impresi, engangement, dan leads. Sehingga feed dari akun bisnis lebih terstruktur sesuai citra merek usaha, organisasi, gerakan, maupun perusahaan.
Tips Membuat Feed Instagram
- Unggah foto terbaik sesuai brand personality atau brand akun
- Gunakan kata kunci, hashtag, dan tag produk agar konten mudah ditemukan
- Gunakan format carousel hingga 10 slide untuk konten microblogging
- Gunakan fitur Collab Posts untuk meningkatkan impresi dan engangement konten
Ukuran Feed Instagram
Ukuran foto profil Instagram
Gunakan rasio 1:1, dengan dimensi foto 320 x 320 pixels.Ukuran foto thumbnail
Gunakan rasio 1:1, dengan dimensi foto 161 x 161 pixels.Ukuran foto atau video persegi
Gunakan rasio 1:1 dengan resolusi 1080 x 1080 pixels.Ukuran foto portrait
Gunakan rasio 4:5 dengan resolusi 1080 x 1350 pixels.Ukuran foto atau video landscape
Gunakan rasio 1.91:1 dengan rasio 1080 x 566 pixels.
Cara Membuat Feed Instagram Aesthetic
Jika ingin memiliki feed yang menarik dan eye-catching, cobalah cara-cara di bawah ini. Feed yang bertema dan tertata akan menarik banyak followers dengan ketertarikan sama, menguatkan brand awareness dari pemilik akun maupun usaha yang dikembangkan, serta meningkatkan kepercayaan followers akan kualitas dan informasi yang ditampilkan di konten dari akun tersebut.
Tentukan Tema Konten
Konten seperti apa yang ingin diunggah?
Pesan apa yang ingin disampaikan ke followers?
Apa personal brand dari akun tersebut?
Tema konten bisa disesuaikan dengan karakter pemilik akun maupun citra merek usaha yang akan dipasarkan. Dengan begitu, followers akan lebih mudah mengenali akun tersebut, dan bisa mengikuti perkembangan konten yang akan dibagikan.
Buat Rencana Konten
Rencana konten meliputi jenis konten yang akan diunggah dan konten apa yang ingin dibagikan kepada followers.
Umumnya, rencana konten dapat dibuat dalam jangka waktu satu minggu kedepan maupun satu bulan kedepan. Dengan perencanaan konten, pemilik akun atau pengelola akun tersebut bisa lebih mudah menentukan konten apa yang tepat untuk di-upload.
Tentukan Grid
Grid feed termasuk dalam ranah desain grafis.
Kabar baiknya, kini sudah tersedia banyak aplikasi pembuat grid secara otomatis. Instagram user bisa memilih berbagai jenis grid yang tersedia.
Aplikasi ini bisa diunduh oleh Android dan iOS, baik itu gratis maupun berbayar. Umumnya, pengguna Instagram bisa memilih jenis grid 2×2, 3×3, 4×4, dst.
Tentukan Rasio Feed
Rasio feed akan menentukan proporsi konten yang ditampilkan.
Misalkan ingin mengunggah video landscape, maka pilihlah rasio 16:9.
Karena jika video landscape diunggah dengan rasio 1:1, sebagian isi video akan terpotong, dan resolusi video akan menurun.
Rasio feed yang konsisten akan menghasilkan feed Instagram yang rapi dan aesthetic.
Gunakan Komposisi Warna yang Tepat
Komposisi warna akan meningkatkan keindahan feed. Komposisi warna yang tepat akan memperkuat karakter pemilik akun maupun brand personality suatu produk.
Misalnya produk yang menggunakan komposisi warna merah melambangkan daya tarik. Sedangkan produk yang menggunakan komposisi warna biru akan bermakna ketenangan.
Gunakan Filter Senada
Feed yang aesthetic identik dengan filter yang senada.
Ibarat majalah, feed dengan filter yang sama akan lebih nyaman dilihat, dibandingkan dengan feed dengan filter beragam.
Instagram user bisa menggunakan preset di aplikasi Lightroom maupun di aplikasi VSCO untuk meningkatkan keindahan foto maupun video yang akan diunggah.
Gunakan Aplikasi Edit Foto dan Video
Aplikasi edit foto adalah tools penting bagi Instagram user yang ingin memiliki feed aesthetic.
Aplikasi seperti Canva dan Capcut misalnya, bisa membantu Instagram user yang ingin edit konten dengan praktis. Tersedia banyak template dan desain yang bisa langusng digunakan dengan gratis.
Instagram user juga bisa menentukan sendiri komposisi warna, desain, dan jenis font yang disukai.
Utamakan kualitas konten
Pada akhirnya, seluruh perencanaan konten dan teknik edit konten tidak akan berhasil jika kualitas konten yang diunggah tidak sesuai.
Pastikan konsisten untuk mengunggah konten yang tak hanya berkualitas, tapi juga menarik, dan bermanfaat bagi followers.
Selain itu, teruslah update tentang tren dari pembuatan konten Instagram agar feed akun tersebut selalu relevan.