Keren! Inilah 6 Tips Hashtag Instagram Anti Gagal

Instagram user tentu pernah melihat atau menggunakan hashtag. Hashtag Instagram bisa ditemukan di setiap post atau kolom pencarian. Hashtag memudahkan Instagram user untuk mencari konten dengan topik tertentu. Hashtag sama pentingnya dengan fitur Likes, Comments, …

hashtag instagram

Instagram user tentu pernah melihat atau menggunakan hashtag. Hashtag Instagram bisa ditemukan di setiap post atau kolom pencarian. Hashtag memudahkan Instagram user untuk mencari konten dengan topik tertentu. Hashtag sama pentingnya dengan fitur Likes, Comments, and Share. Ingin tahu cara menggunakan hashtag agar post menarik? Simak tips di bawah ini.

Baca Juga: Download Video di Instagram

Apa Itu Hashtag Instagram

hashtag instagram
Hashtag di Instagram.

Hashtag Instagram adalah kombinasi symbol, angka, dan huruf yang berfungsi sebagai penanda sebuah post di Instagram. Hashtag atau tagar diciptakan agar sebuah post mudah ditemukan dan bisa dikelompokkan ke dalam satu topik. Hashtag dengan symbol ‘#’ telah digunakan di aplikasi Twitter sejak tahun 2007. Kini, penggunaan hashtag semakin beragam sesuai tren dan kebutuhan user.

Mengapa Hashtag Penting di Instagram

hashtag instagram
Hasil pencarian hashtag di Instagram.

Hashtag mampu mempermudah sebuah post untuk muncul di halaman rekomendasi Instagram atau Explore. Menggunakan hashtag yang tepat juga mempermudah followers untuk berinteraksi di post dengan hashtag relevan. Selain itu, kamu juga bsia dnegan mudha menemukan post yang sedang tren dengan mengamati hashtag apa saja yang kerap muncul di Instagram.

Fungsi Hashtag Instagram

hashtag instagram
Hashtag dlaam sebuah post di Instagram.

Selain memudahkan pencarian post di Instagram, hashtag juga bisa digunakan untuk meningkatkan engangement, impression, dan reach sebuah post. Akun professional umumnya menggunakan hashtag sebagai salah satu fitur optimasi sebuah post, bahkan akun. Penggunaan hashtag yang efektif sangat membantu pertumbuhan akun.

Menemukan Post dengan Topik Khusus

Hashtag bisa ditambahkan ke dalam caption Instagram, Story Instagram, dan Bio Instagram. Jika kamu mengetik sebuah hashtag ke dalam kolom pencarian Instagram, kamu bisa menemukan beragam post sesuai hashtag yang kamu cari. Hashtag ini bisa berupa tren, topik yang sedang popular, atau topik tertentu.

Meningkatkan Performa Post dan Akun

Jika kamu ingin memasarkan produk dan jasa, menguatkan brand awareness, dan meningkatkan leads, maka hashtag dapat mempercepat proses tersebut. Diperlukan riset sederhana terkait bagaimana menggunakan hashtag dengan efektif. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah hashtag harus sesuai dengan topik post, menghindari hashtag repetitif, dan mengikuti tren hashtag.

Jenis Hashtag

Hashtag memiliki beragam jenis. Tiap jenis hashtag mewakili kesamaan topik, tujuan, tempat, ide, dan sebagainnya. Kamu bisa mengoptimalkan penggunaan hashtag dengan mengetahui apa saja jenis hashtag yang bisa digunakan. Misalnya, ketika kamu menggunakan hashtag khusus akan lebih efektif daripada menggunakan hashtag yang sudah populer.

Hashtag Acara

Hashtag ini berisi nama acara, perayaan, pentas, kompetisi, atau hari besar. Misalnya #HUTRI78 atau #LombaVlog2023. Hashtag jenis ini bisa digunakan saat hari tertentu, untuk pemasaran acara, atau untuk kepentingan menyebarluaskan informasi.

Hashtag Lokasi

Hashtag ini berisi nama tempat, daerah, kota, negara, bangunan, dan sebagainya. Misalnya #RepublikIndonesia, #KabupatenBandung, atau #IstanaBogor. Hashtag jenis ini digunakan untuk menandai post yang diambil di lokasi terkait.

Hashtag Produk atau Jasa

Hashtag ini berisi nama produk dan jasa yang ditawarkan di Instagram. Misalnya #servislaptop atau #powerbankmurah. Hashtag jenis ini digunakan untuk memasarkan produk dan jasa, atau sebagai penanda produk dan jasa tertentu yang tersedia di Instagram.

Hashtag Komunitas

Hashtag ini berisi nama suatu komunitas, organisasi, gerakan, klub, kolektif, atau yayasan. Misalnya #. Hashtag jenis ini digunakan sebagai penanda eksistensi suatu komunitas, menginformasikan kegiatan, atau mempromosikan acara.

Hashtag Angka, Huruf, atau Emoji

Hashtag ini berisi berbagai angka, simbol, kata, atau emoji yang relevan dengan topik atau post tertentu. Misalnya #22, #😁, #ok, dan sebagainya, Hashtag jenis ini bisa digunakan untuk kepentingan apapun.

Hashtag Kalimat

Hashtag ini berisi kalimat, slogan, dan sebagainya yang relevan dengan topik atau post tertentu. Misalnya #semangatpagi, #jumatberkah, #carfreeday. Hashtag jenis ini bsia digunakan sebagai penanda kegiatan, acara, atau peristiwa yang relevan dengan post.

Tips Hashtag Instagram

Hashtag Instagram adalah salah satu fitur dari Instagram yang berguna untuk meningkatkan performa sebuah post dalam akun Instagram. Penggunaan hashtag yang efektif dan relevan akan secara signifikan menjangkau lebih banyak audiens. Sebuah post yang memiliki impresi dan engangement baik akan menambah jumlah followers.

Gunakan Hashtag yang Relevan

Sesuaikan hashtag Instagram dengan topik post yang akan diunggah. Post tentang pemandangan akan lebih tepat jika menggunakan hashtag seperti #pantai, #bukit, atau #senja. Sedangkan jika memakai hashtag #diskon atau #enakmurah akan tidak relevan. Hal ini berdampak pada performa akun. Penggunaan hashtag yang relevan akan meningkatkan impresi dan engangement akun, begitu juga sebaliknya.

Hindari Mencantumkan Hashtag Terlalu Banyak

Jika ingin post yang diunggah mendapatkan banyak likes dan comments, memakai banyak hashtag secara bersamaan justru membuat post tersebut sulit masuk Explore Instagram. Post tersebut pun akan mendapat peringatan dari sistem Instagram karena mencantumkan hashtag melebihi batas. Jumlah hashtag yang efektif digunakan adalah sekitar 3-7 hashtag saja per post.

Cantumkan Hashtag di Feed

Salah satu tips menggunakan hashtag Instagram adalah dengan mencantumkannya di Feed Instagram. Tepatnya, kamu bisa menyematkan tagar ke setiap post di kolom komentar, caption, Srory Instagram, dan Bio Instagram. Tips lainnya adalah dengan mengetikkan hashtag terkait di komentar pertama sebuah post.

Buatlah Hashtag Baru

Hashtag baru yang sesuai dengan tujuan post juga bisa meningkatkan jumlah likes dan comments. Kamu bisa mencantumkan hashtag tentang kegiatan, acara, kompetisi, promosi, atau topik tertentu. Hashtag baru tersebut akan lebih efektif jika digunakan oleh Instagram user lain secara masif. Misalnya pada saat promosi produk kopi terbaru, Instagram user diminta untuk menggunakan tagar #kopinikmattanpagula dengan tujuan pemasaran produk.

Gunakan Hashtag Sesuai Niche

Kamu bisa melihat hashtag yang digunakan oleh akun Instagram lain dengan jenis konten yang serupa dengan akun milikmu. Jika kamu sedang memasarkan produk dan jasa, kamu juga bisa melihat hashtag yang digunakan oleh akun Instagram kompetitor. Bisa jadi, hashtag yang mereka gunakan dapat meningkatkan peforma akunmu.

Gunakan Aplikasi atau Situs Hashtag

hashtag instagram
Keyword Tool untuk hashtag Instagram.

Selain menerapkan tips terkait penggunaan hashtag, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi hashtag instagram. Beberapa aplikasi tersebut diantaranya hashtagsforlikes.co, keywordtool.io, dan kicksta.co. Kunjungi situs tersebut lalu ketik kata kunci. Kemudian sesuaikan dengan lokasi dan bahasa yang digunakan. Klik ikon Search lalu cantumkan hasil hashtag yang relevan dengan post.

Kesimpulan

Hashtag Instagram adalah fitur dari Instagram berupa kombinasi angka, huruf, kalimat, dan emoji. Kombinasi tersebut ditandai dengan symbol # yang memudahkan pencarian post.

Terdapat beberapa jenis hashtag, antara lain hashtag khusus acara, lokasi, produk dan jasa, komunitas, serta hashtag berupa angka, huruf, emoji, dan kalimat.

Hashtag Instagram juga bisa digunakan untuk meningkatkan performa akun berupa jumlah impresi, engangement, likes, shares, comments, dan followers di Instagram.

Beberapa tips yang bisa dilakukan saat menggunakan hashtag adalah mencantumkan hashtag yang relevan dengan efektif, yakni sekitar 3-7 hashtag saja per post.

Selain itu, Instagram user juga bisa memanfaatkan tools hashtag untuk memudahkan proses menetukan hashtag maupun memilih hashtag yang sesuai.

Farras Hasna Taqiyya senang belajar hal baru lewat artikel how-to. Belajar menulis sejak 2013 di surat kabar lokal. Kini merambah ke SEO content writing.

Leave a Comment