Apa Itu Instagram Reels dan Cara Download Reels

Instagram Reels adalah format video yang kini popular di Instagram. Saat Instagram user membuka Instagram, konten yang paling banyak ditemukan adalah Reels. Video berdurasi 15 detik – 1 menit ini menghadirkan pengalaman menonton video yang …

Instagram Reels

Instagram Reels adalah format video yang kini popular di Instagram. Saat Instagram user membuka Instagram, konten yang paling banyak ditemukan adalah Reels. Video berdurasi 15 detik – 1 menit ini menghadirkan pengalaman menonton video yang menarik dan mobile-friendly. Siapapun bisa mengunggah Reels dengan keunikan masing-masing, menjadi viral, dan trending.

Baca Juga: Download Foto dari Instagram

Apa Itu Instagram Reels

instagram reels

Video dengan ukuran 9:16 ini adalah format video singkat yang popular di Instagram. Reels dilengkapi dengan fitur untuk mengedit video dan musik pendukung. Hal ini membuat Reels sangat mudah dibuat dan bisa diakses oleh seluruh Instagram user dengan gawai apapun. Serupa TikTok, Instagram Reels menyajikan hiburan dan informasi yang bisa ditemukan di ikon Reels di Feed.

Kegunaan Instagram Reels

instagram reels

Reels sangat direkomendasikan untuk mengembangkan akun dan meningkatkan performa akun. Saat Reels yang diunggah menjadi popular, post tersebut akan mendapat banyak Likes, Comments, dan Shares. Hal tersebut bagus untuk memperluas jangkauan Reels, dan menambah followers. Selain itu, Reels juga bisa berupa hiburan yang sedang tren, sehingga diikuti oleh banyak followers.

Fitur Instagram Reels

Instagram Reels dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan Instagram user untuk mengedit video. Reels yang dihasilkan pun bisa lebih menarik dengan tambahan fitur dan kreativitas Instagram user. Misalnya dengan menambahkan audio lagu yang sedang tren ke dalam Reels. Hal tersebut membantu Reels untuk bisa dilihat lebih banyak orang dan masuk kategori trending.

Timer and Countdown

Fitur ini memungkinkan Instagram user untuk mengatur Timer sehingga kamu bisa merekam video secara otomatis. Saat kamu sudah mengatur Timer, akan muncul hitung mundur yang bisa disesuaikan dengan jenis videomu.

Speed

Fitur ini memungkinkan Instagram User untuk mengatur kecepatan video. Selain itu, kamu juga memperlambat video. Terdapat skala 1x – 2x dalam opsi pengaturan Speed. Sesuaikan dengan jenis Reels yang akan kamu unggah.

Audio

Fitur ini memungkinkan Instagram user untuk menambahkan audio berupa music atau lagu. Kamu juga bisa menambahkan rekaman suara ke dalam videomu. Rekaman suara yang kamu unggah akan menjadi hak milik, yang bisa digunakan ulang oleh Instagram user lain. Sedangkan music atau lagu , dapat digunakan secara gratis, asalkan bebas hak cipta.

Align

Fitur ini memungkinkan Instagram User untuk mengatur transisi video. Misalnya perubahan posisi objek atau subjek dalam video. Fitur ini berguna untuk mengetahui transisi yang presisi sebelum merekam video selanjutnya.

AR Effects

Fitur ini memungkinkan Instagram User untuk menambahkan efek ke dalam video yang akan diunggah. Tersedia beragam efek yang bisa digunakan, beberapa diantaranya adalah efek warna, efek animasi, efek suara, dan efek motion graphic. Kamu bisa mengedit efek ke beberapa video sekaligus.

Length

Fitur ini memungkinkan Instagram User untuk mengatur durasi video yang akan diunggah. Tersedia opsi 15 detik, 30 detik, 60 detik, dan 90 detik. Sesuaikan durasi video dengan topik konten yang ingin disampaikan kepada audiens.

Video Layout

Fitur ini memungkinkan Instagram User untuk menambahkan layout video. Tersedia opsi layout menjadi dua bagian video hingga tiga bagian video dalam satu frame. Kamu bisa memilih jenis layout horizontal maupun vertical, lalu tambahkan video yang ingin diunggah.

Add Yours

Fitur ini memungkinkan Instagram user untuk menambahkan foto atau video ke dalam topik tertentu. Saat kamu membuka fitur ini, akan muncul opsi topik yang bisa kamu ikuti. Misalnya ajakan untuk mengunggah post mengenai tahun baru, tempat wisata, atau makanan favorit.

Green Screen

Inilah fitur terbaru dari Instagram. Fitur ini memungkinkan Instagram User untuk menegdit video secara detail sebelum diunggah. Tersedia fiitur khusus dalam Green Screen yang bisa digunakan untuk mengedit video langsung di aplikasi Instagram.

Edit

Fitur dari Green Screen ini memungkinkan Instagram User untuk memotong video atau menyesuaikan durasi video. Hasil video yang diedit akan tampil di layar, sehingga bisa disesuaikan lagi jika masih ada yang kurang pas. Kamu tidak perlu keluar aplikasi Instagram, cukup gunakan fitur ini saja.

Reorder

Fitur dari Green Screen ini memungkinkan Instagram User untuk mengurutkan video sesuai urutan yang diinginkan. Kamu bisa menambahkan beberapa video sekaligus agar bisa digabungkan dan diurutkan. Cukup geser video dan video tersebut akan berurutan.

Audio

Fitur dari Green Screen ini memungkinkan Instagram User untuk menambahkan audio berupa lagu, music, datau rekaman suara ke dalam video. Hasil dari video akan muncul ke laman utama Reels, dan bisa ditambahkan lagi dengan fitur lain dari Reels.

Text

Fitur dari Green Screen ini memungkinkan Instagram User untuk menambahkan audio berupa lagu, music, atau rekaman suara ke dalam video. Hasil dari video akan muncul ke laman utama Reels, dan bisa ditambahkan lagi dengan fitur lain dari Reels.

Sticker

Fitur dari Green Screen ini memungkinkan Instagram User untuk menambahkan stiker berupa grafik, grafik teks, atau motion graphic ke dalam video. Hasil dari video akan muncul ke laman utama Reels, dan bisa ditambahkan lagi dengan fitur lain dari Reels.

Effects

Fitur dari Green Screen ini memungkinkan Instagram User untuk menambahkan efek warna, efek animasi, efek suara, dan efek motion graphic ke dalam video. Hasil dari video akan muncul ke laman utama Reels, dan bisa ditambahkan lagi dengan fitur lain dari Reels.

Cara Membuat Instagram Reels

Instagram User bisa membuat Instagram Reels dengan mudah dan gratis. Kamu bisa menambahkan video yang sudah ada ke dalam Reels, atau bisa juga mengedit langsung video yang akan diunggah menjadi Reels. Perlu diingat, kamu hanya bisa membuat Instagram Reels melalui iOS atau Android.

  • Buka aplikasi Instagram
  • Jika kamu masuk ke halaman utama, klik ikon Create di bawah halaman
  • Jika kamu masuk ke halaman profil, klik ikon Create di pojok kanan halaman
  • Pilih opsi Reels
  • Buatlah Reels sesuai keinginan, lalu unggah

Cara Download Instagram Reels

Instagram Reels bisa ditonton tanpas batas waktu, selama pemilik akun masih menampilkan Reels tersebut di Feed. Selain menonton Reels lewat Explore Instagram atau akun Instagram User lain, kamu juga bisa mengunduhnya menggunakan aplikasi ketiga atau situs untuk download Reels.

Cara Download Instagram Reels Lewat SnapInsta

download video di instagram
Laman Snapinsta.
  • Buka aplikasi Instagram di HP atau website
  • Cari Reels yang ingin diunduh, salin alamat URL nya
  • Masuk ke SnapInsta
  • Tempelkan alamat URL ke kolom yang tersedia
  • Download Reels nya

Cara Download Instagram Reels Lewat SaveInsta

story instagram download
Digitex.id
  • Buka aplikasi Instagram di HP atau website
  • Cari Reels yang ingin diunduh, salin alamat URL nya
  • Masuk ke SaveInsta
  • Tempelkan alamat URL ke kolom yang tersedia
  • Download Reels nya

Kesimpulan

Instagram Reels adalah video pendek yang dapat ditonton melalui aplikasi Instagram.

Selain berguna sebagai hiburan, Instagram Reels juga bisa digunakan untuk memasarkan produk dan jasa.

Instagram User yang ingin membangun sebuah brand image di Instagram, disarankan untuk mengoptimalkan penggunaan Reels.

Instagram User bisa membuat Reels, mengedit reels, dan mengunduh Reels secara gratis dan mudah menggunakan berbagai fitur dari Instagram, atau dengan bantuan aplikasi ketiga.

Farras Hasna Taqiyya senang belajar hal baru lewat artikel how-to. Belajar menulis sejak 2013 di surat kabar lokal. Kini merambah ke SEO content writing.

Leave a Comment