Mengenal Komputer Server dan Jenis-Jenis nya

Indra Wibowo

Komputer Server

Hallo teman teman digitex, kali ini kami akan membahas tentang komputer server, tahukah kamu apa itu komputer server? Komputer server secara harfiah adalah gabungan dua kata komputer dan server.

Komputer seperti yang kita ketahui adalah perangkat yang menunjang berbagai kegiatan terutama perkantoran dan berbagai kegiatan yang harus terkomputasi. Sedangkan server adalah sebuah sistem komputer yang menjalankan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer.

Setelah membaca hal di atas mungkin teman teman akan bertanya bila dua hal tersebut tampak berkaitan mengapa ada istilah penggabungan antara dua kata tersebut. Pertanyaan yang mungkin tersirat dibenak teman pembaca akan digitex uraikan secara lengkap, mulai dari pengertiannya, fungsinya, jenis server, jenis server berdasarkan bentuknya, serta penjelasan cara kerjanya. Simak ya!

Pengertian Komputer Server

Komputer Server
pixabay.com

Komputer mempunyai banyak jaringan didalamnya yang terhubung dengan berbagai client dan dibutuhkan sebuah server yang dapat menangani lalu lintas data di dalam jaringan tersebut.

Maka dari itu, komputer server adalah sistem dalam komputer yang berguna untuk mengatur lalu lintas pada jaringan tersebut agar sebuah perangkat mampu menjalankan berbagai tugasnya dengan baik.

Sehingga dapat kita artikan peran komputer server ini sangat penting untuk membagi dan menjalankan berbagai kegiatan didalam jaringan, bila tidak ada peran komputer server ini tentu akan terjadi gagal fungsi antara berbagai aspek di dalam sebuah jaringan.

Fungsi Komputer Server

Komputer server secara umum memiliki fungsi untuk melayani permintaan dari komputer client. Berikut rincian mengenai fungsi dari komputer server:

  • Menyediakan layanan berbagai file

Fungsi pertama ialah sebagai penyedia layanan berbagai file, sehingga memudahkan pengguna dalam mengakses dan berbagi dokumen atau data antar pengguna jaringan.

  • Menyediakan akses ke sumber daya informasi

Fungsi kedua dari komputer server ialah sebagai pusat penyimpanan data atau aplikasi dan memberikan akses ke sumber daya dan informasi tersebut kepada komputer-komputer lain yang terhubung dalam jaringan.

  • Menyediakan layanan pencetakan

Komputer server juga dapat berfungsi sebagai penyedia layanan pencetakan, sehingga memungkinkan pengguna dalam jaringan unutk mencetak dokumen dari komputer mereka langsung melalui server.

  • Menyediakan layanan basis data

Server dapat berfungsi sebagai penyedia layanan basis data, sehingga memudahkan pengguna dalam mengakses dan memanipulasi data yang tersimpan dalam basis data tersebut.

  • Menyediakan layanan email

Komputer server memiliki fungsi berikutnya sebagai penyedia layanan email yang dapat diakses oleh pengguna dalam jaringan.

  • Menyediakan layanan web

Komputer server juga berfungsi sebagai penyedia layanan web dengan menyimpan dan menyajikan konten web kepada pengguna yang terhubung dalam jaringan.

  • Menyediakan layanan keamanan

Fungsi komputer server yang terakhir ialah sebagai pengontrol akses yang dapat membatasi akses pengguna dalam jaringan terhadap data atau aplikasi tertentu.

Jenis – Jenis Komputer Server

Komputer Server
Pixabay.com

Komputer server memiliki beberapa macam jenis tergantung penggunaaan dan kebutuhan user dalam suatu organisasi atau perusahaan. Berikut jenis-jenis server yang sering digunakan:

1. Web Server

Jenis server yang pertama ialah web server, biasanya digunakan untuk menjalankan aplikasi dalam browser. Komputer server bisa membantu untuk menampilkan halaman situs yang ingin ditargetkan secara terintegrasi. Umumnya digunakan untuk menjalankan browser seperti Google Chrome, Microsoft Edge, Firefox dan browser lainnya.

2. Application Server

Setelah web server jenis yang kedua ialah application server. Application server umumnya berfungsi sebagai penyimpan informasi dan data. Beberapa perusahaan menggunakan application server yang dapat membantu mereka dalam mengembangkan aplikasi dan juga melayani server.

3. FTP server

FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol, seperti namanya FTP  berfungsi untuk mengatur lalu lintas perpindhan data atau informasi. Kamu dapat menggunakan FTP server secara online sehingga dapat diakses kapanpun, di manapun dan oleh siapa pun. Sungguh fungsi yang sempurna.

4. Mail server

Bisa dikatakan disetiap perusahaan pasti memiliki mail server yang berfungsi untuk menerima dan mengirim email. Cara kerja dari mail server ini menggunakan sebuah software yang terhubung ke dalam server email IMAP maupun POP3.

Kemudian, software tersebut akan mengunduh pesan yang anda terima dan jika anda ingin mengirimkan pesan balasan, maka serverSMTP akan bertugas untuk mengirim email tersebut.

5. File server

Jenis komputer server yang terakhir adalah file server. Jenis komputer ini adalah komputer yang terpasang ke jaringan dengan tujuan agar pengguna dapat berbagai penyimpanan file komputer. File-file yang disimpan yaitu foto, dokumen, suara, video, juga file-file yang lainnya yang ada pada jaringan komputer.

6. Print server

Print server bisa menangani permintaan percetakan dari banyak client pada satu perangkat printer. Hal ini bisa mengefisiensikan biaya karena tidak perlu menediakan 1 printer untuk 1 komputer. Saat ini sudah ada perangkat printer canggih yang memiliki sistem server internal, jadi tidak membutuhkan server external berbasis komputer.

7. Database server

Database server jadi tempat pengelolaan basis data ini. Server ini jugs menjalankan aplikasi database yang bisa merespon setiap request dari client yang berkaitan dengan database.

Jenis Server Berdasarkan Bentuknya

Komputer Server
Pixabay.com

Jenis komputer server juga bisa dilihat berdasarkan bentuknya. Berikut jenis server bedasarkan bentuknya :

1. Tower server

Jenis server yang pertama berdasarkan bentuknya ialah tower server. Tower Server adalah server yang dirancang dalam bentuk menara dan umumnya bisa ditempatkan di lantai atau meja yang datar. Bentuknya menyerupai CPU komputer. Tower server biasanya terdiri dari beberapa komponen seperti power supply, motherboard, processor, memory dan storage, yang semuanya terdapat dalam satu casing tower.

2. Blade Server

Jenis yang kedua yaitu blade server. Blade server ialah server yang dirancang untuk memaksimalkan penggunaan ruang di pusat data atau ruang server. Server ini terdiri dari beberapa modul server yang dapat dipasang ke dalam chassis atau sasis.

Keunggulan dari blade server biasanya lebih efisien dalam penggunaan daya listrik dan bisa diakses secara remote.

3. Rack Server

Yang terakhir yaitu rack server. Rack server adalah server yang dirancang untuk dipasang pada rak atau lemari yang tersedia di pusat data atau ruang server. Rack server biasanya dirancang untuk efesiensi instalasi dan perawatan, karena dapat dengan mudah untuk mengganti atau menambahkan komponen hardware yang diperlukan.

Keunggulannya server jenis ini mampu untuk mengelola suhu dan kelembaban di dalam rak atau lemari untuk menjaga kinerja secara maksimal.

Gambaran Cara Kerja Server

Secara singkat gambaran dari cara kerja server ini yaitu saat client melakukan request melalui jaringan. Server akan menerima request tersebut, kemudian di proses, lalu memberikan output yang sesuai permintaan client.

Selain menjalankan tugas utama diatas, server juga menjalankan tugas tambahan. Misalnya, memverifikasi identitas client yang mengajukan request. Memastikan bahwa client tersebut memiliki hak akses terhadap data dan sumber daya yang diminta.

Server perlu juga ditunjang dengan spesifikasi hardware yang mempuni. Karena server menjalankan tugas berat.

Leave a Comment