Sejarah Komputer dan Perkembangannya Secara Singkat

Dari teknologi banyak hal yang dapat memudahkan manusia. Yap, salah satunya ialah komputer. Mungkin itu juga yang kamu gunakan saat ini. Dalam kehidupan sehari-hari komputer memang tidak dapat dipisahkan. Seperti mengerjakan tugas sekolah, kuliah, hingga …

Sejarah Komputer

Dari teknologi banyak hal yang dapat memudahkan manusia. Yap, salah satunya ialah komputer. Mungkin itu juga yang kamu gunakan saat ini. Dalam kehidupan sehari-hari komputer memang tidak dapat dipisahkan. Seperti mengerjakan tugas sekolah, kuliah, hingga pekerjaan kantor.

Oh iya, selama kamu menggunakan komputer pernah ngak sih kebayang bagaimana sejarah komputer? Siapa penemunya? Yuk kita bahasa di bawah ini.

Apa itu Komputer?

Sebelum masuk sejarahnya kita harus kenalan dulu nih dengan pengertian komputer.

Komputer waktu awal-awal dulu ialah julukan untuk orang-orang yang ahli dalam bidang aritmatika (menggunakan alat hitung). Di tahun 1897, komputer baru ditujukan kepada perangkat mesin yang digunakan sebagai alat hitung.

Makna ini semakin kesini mengalami pergeseran hingga komputer dianggap sebagai perangkat elektronik yang terdiri atas banyak komponen satu dengan lainnya. Hingga menghasilkan output yaitu informasi data, prosedur maupun program-program yang sudah dirumuskan.

Beberapa ahli juga mendefinisikan terkait komputer ini, seperti Donald H. Saders beliau menuturkan bahwa komputer merupakan sebuah sistem elektronik yang dapat memanipulasi data secara tepat dan cepat.

Tidak hanya itu, beliau juga menyebutkan bahwa komputer dapat diorganisasikan dan dirancang secara otomatis hal ini tentu dapat berfungsi sebagai penerima dan menyimpat data. Lalu diproses dan menghasilkan sebuah output berdasarkan intruksi yang ada didalam memory komputer.

VC Hamazer ZG juga menyebuutkan bahwa komputer ialah sebuah mesin penghitung elektronik. Keberadaan komputer ini dapat dengan cepat menerima informasi secara digital. Memproses data sesuai dengan program yang diminta dan tersimpan dalam memory sehingga output nya ialah menampilkan informasi.

Jadi, jika ditarik kesimpulannya maka komputer ialah seperangkat alat elektronik yang dapat melakukan banyak tugas. Seperti menerima input data lalu diolah sesuai dengan program yang sudah tersedia lalu output nya ialah sebuah informasi.

Sejarah Perkembangan Komputer

Sejarah Komputer
tripadvisor.com

Saat pertama kali muncul komputer bentuknya tidak seperti sekarang yang bisa dibawa kemana-mana. Namun, seperti mesin hitung dan itu bentuknya sangat besar. Untuk fungsinya sendiri ya itu, hanya sebagai alat bantu perhitungan Matematika.

Semakin berkembangnya zaman, beberapa pakar juga menemukan rumus-rumus, kode perintah, pemrograman dan memori perintah hingga terciptalah seperti komputer yang kamu gunakan.

1. Komputer Generasi Pertama (Tabung Vakum)

Di tahun 1946 komputer diciptakan dengan berupa tabung vakum sebagai komponen utamanya. Komputer ini menggunakan bahasa mesin yang tergolong rumit dan hanya dimingerti oleh komputer itu sendiri. Saking beratnya komputer ini hingga mencapai 30 Ton, dan untuk menghidupkannya membutuhkan daya listrik yang sangat tinggi.

Untuk mendapatkan komputer ini diperlukan 1 juta dollar, harga yang cukup fantastis. Menginggat input-nya nya menggunakan pita kertas dan punched card dan output-nya berupa printer.

2. Komputer Generasi Transistor

Komputer di generasi ini berkembang yang dulu komponen utamanya adalah vakum berubah dengan adanya teknologi transitor sebagai komponen utamanya. Teknologi ini digunakan pada tahun 1959 hingga 1965.

Bentuknya yang lebih kecil, tidak terlalu panas dan minim tingkat kegagalan menjadi suatu kebanggan dizaman ini. Saat komputer ini dikembangankan, bahasa mesin juga digantikan dengan menggunakan bahasa FORTRAN dan CBOL sehingga peningkatan nya jauh melebihi komputer terdahulu.

3. Komputer Generasi IC

Semakin berkembangannya komputer saat itu, bentuk transistor yang sebelumnya cukup besar pun diperkecil lalu diletakkan pada IC dengan tambahan beberapa resistor dan kapasitor. Teknologi ini dikembangkan oleh Jack Kilby seorang insyinyur listrik.

Banyak kelebihan dari teknologi ini, salah satunya lebih cepat dan efisien. Di generasi ini pula untuk pertama kalinya menggunakan monitor dan keyboard.

4. Komputer Generasi Microprosessor

Tahun 1971 IBM membuat komputer menggunakan microprosessor dan di tahun 1984 perusahaan Apple merilis Macintosh. Dan mungkin hingga kini komputer ini masih digunakan oleh orang-orang di dunia.

Dengan lahirnya Microprosessor ini lahir pula jaringan internet. Dengan tampilan monitor yang masih hanya satu warna yaitu hijau atau lebih dikenal sebagai green color. Di tahun-tahun ini para ilmuwan atau pakar juga melengkapi bagian-bagian yang mungkin belum ada.

5. Komputer Generasi AI

Saat ini ada teknologi terbarukan dari perkembangan komputer yaitu hadirnya teknologi bernama AI. AI ini merupakan komputer dengan memiliki kecerdasan buatan sehingga dapat melakukan input dengan baik. Dengan menggunakan teknologi ini kamu dapat menginput bahasa yang sehari-sehari, dan juga dapat menyesuaikan keadaan serta dapat mempelajari lingkungan.

AI juga disebut-sebut komputer masa depan, karena kecerdasannya yang memang dapat melakukan banyak hal.

Itulah sejarah singkat komputer, bagaimanapun bentuk perkembangannya maka tak dipungkiri lagi bahwa komputer akan terus berkembang dengan cepat. Tinggal kitanya saja mau ikut berubah dan menyesuaikan dengan perkembanga

Teman kamu dalam mencari info teknologi yang mudah dipahami.