Wajib Tahu! Inilah Ukuran Post Instagram Terbaru (2023)

Farras Hasna Taqiyya

ukuran post instagram

Menggunakan ukuran post Instagram terbaru bisa bikin feed-mu makin aesthetic, loh! Konten berupa foto, ilustrasi, maupun video akan lebih nyaman dilihat dan ditonton saat sesuai ukuran post terbaru dari Instragram. Cakupan foto dan video akan lebih luas, dan lebih rapi saat diunggah ke feed. Langsung saja, simak penjelasan tentang ukuran post Instagram di bawah ini.

Baca Juga: Cara Menonaktifkan Akun Instagram

Apa Itu Feed Instagram

ukuran post instagram
Feed dari akun Instagram @apple.

Halaman yang berisi post unggahanmu disebut feed Instagram. Kamu bisa menentukan feed seperti apa yang ingin ditampilkan.

Beberapa hal yang menentukan tampilan feed Instagram adalah template, tone warna, jenis konten, dan ukuran post.

Selain itu, kamu juga bisa optimasi profil dengan melengkapi bio dan memasang foto profil yang paling menarik.

Apa Itu Post

ukuran post instagram
Post dari akun Instagram @apple.

Segala jenis konten yang diunggah ke feed Instagram disebut post. Jenis konten tersebut antara lain foto, Carousel, infografis, katalog produk, ilustrasi, Reels, Story, dan audio visual.

Jika kamu ingin membuat feed Instagram yang menarik, tentukan tema post. Setelah itu, kamu bisa menentukan tone warna, template, dan tentunya ukuran post yang berubah-ubah sesuai tren terbaru Instagram.

Apa Itu Rasio & Resolusi

ukuran post instagram
Rasio dan resolusi.

Sebelum menentukan ukuran post Instagram, kamu perlu memahami tentang rasio dan resolusi.

Rasio adalah perbandingan angka yang menunjukkan lebar dan tinggi foto, gambar, atau video. Misalnya sebuah foto memiliki rasio 4:5, maka lebar foto tersebut adalah 4 dan tinggi foto tersebut adalah 5.

Setiap post yang diunggah perlu disesuaikan dengan rasio yang dibutuhkan agar kualitas maksimal.

Sedangkan resolusi adalah kualitas foto, gambar, atau video berdasarkan jumlah pixel. Semakin tinggi resolusinya, semakin berkualitas foto dan videonya. Hasilnya, gambar maupun video yang ditampilkan pun lebih jernih dan tajam.

Mengapa Perlu Memperhatikan Rasio & Resolusi?

Bayangkan, kamu mengunggah foto persegi dengan ukuran landscape. Resolusi fotonya pun hanya 360 pixels. Tentu foto yang diunggah akan terpotong dan gambarnya pun tidak tajam, blur.

Tetapi jika kamu mengunggah foto persegi dengan rasio 1:1 dan dengan resolusi maksimal yaitu 1080 x 1080, maka foto yang diunggah akan jelas, tidak terpotong, dan kualitas gambarnya tajam.

Jika kamu sedang memasarkan produk, jasa, atau merek usaha, pastikan untuk selalu mengunggah post dengan rasio yang tepat dan resolusi yang tinggi. Post atau konten yang berkualitas akan meningkatkan engangement dan kepercayaan followers terhadap akun bisnis kamu.

Ukuran Post Instagram

Ukuran post Instagram menentukan seberapa tepat dan menarik sebuah konten. Secara teknis, followers hanya butuh 1 – 3 detik saja untuk menilai kualitas sebuah konten. Untuk itu, Digitex merangkum ukuran post Instagram sesuai jenis konten. Kamu juga akan menemukan berapa resolusi terbaik untuk setiap post pada deskripsi di bawah ini.

Ukuran Foto & Video Persegi

ukuran post instagram
Ukuran foto persegi Instagram.

Ukuran untuk foto & video persegi atau square adalah post dengan rasio 1:1. Itu artinya, foto & video persegi memiliki lebar dan tinggi yang sama.

Berapa resolusi terbaik untuk foto & video persegi? Jawabannya adalah 1080 x 1080 pixels.

Foto & video dengan resolusi besar tidak akan pecah meski diperbesar hingga 100%. Selain itu, sistem Instagram pun akan merekomendasikan foto tersebut jika mendapat banyak likes, comments, dan shares.

Sebaliknya, jika kamu mengunggah foto & video dengan resolusi sangat rendah, sistem Instagram akan menilai negatif performa akun Instagram kamu.

Ukuran Foto Profil

ukuran post instagram
Ukuran foto profil Instagram.

Tak hanya foto yang diunggah di feed, kamu juga perlu mencermati rasio dan resolusi foto yang tepat untuk foto profil kamu.

Foto profil umumnya berbentuk persegi atau square. Dengan begitu, tentu rasio dan resolusinya sama dengan foto persegi, yakni 1:1 dengan kualitas terbaik 1080 x 1080 pixels.

Ukuran Foto & Video Portrait

ukuran post instagram
Ukuran foto portrait Instagram.

Foto & video portrait atau vertikal adalah ukuran foto & video yang sedang tren diunggah di Instagram saat ini. Foto & video portrait akan optimal jika diunggah dengan rasio 4:5 dan resolusi 1080 x 1350 pixels.

Ukuran Foto Landscape

ukuran post instagram
Ukuran post landscape Instagram.

Foto landscape atau horizontal adalah foto dengan rasio 16:9 atau rasio 1.91:1. bentuknya persegi panjang. Foto, gambar, ilustrasi, atau video dengan rasio ini cocok untuk menampilkan panorama yang luas, atau menampilkan banyak subjek dan objek dalam satu frame.

Resolusi terbaik untuk konten landscape adalah 1080 x 566 pixels.

Ukuran Reels

ukuran post instagram
Ukuran Reels di Instagram.

Reels atau video di Instagram adalah video dengan rasio 9:16 dan resolusi 1080 x 1920 pixels. Jenis video ini memenuhi layar HP saat ditayangkan. Jika kualitas video kurang baik dan rasio yang digunakan kurang tepat, reels tersebut menjadi tidak menarik dan akan mengurangi performa akun Instagram.

Ukuran Cover Reels

ukuran post instagram
Ukuran cover Reels di Instagram.

Jika kamu mengunggah reels ke feed dan ingin menambahkan cover sebagai thumbnail, kamu bisa menambahkan cover Reels dengan rasio 9:16 dan resolusi 750 x 1334 pixels.

Ukuran Story

ukuran post instagram
Ukuran Story Instagram.

Sama seperti Reels dan cover Reels, Story Instagram menggunakan rasio 9:16 dan resolusi 1080 x 1920 pixels. Perbedaannya adalah, Story hanya bisa dilihat melalui foto profil atau beranda Instagram.

Selain itu, Story akan hilang dalam 24 jam. Sedangkan Reels bisa disematkan di feed secara permanen hingga diarsipkan.

Kesimpulan

Menentukan ukuran post Instagram yang tepat dapat meningkatkan kualitas feed.

Sebelum menentukan ukuran post, ada baiknya untuk menentukan template, tone warna, jenis konten , dan membuat perencanaan konten terlebih dulu.

Kemudian, unggah konten sesuai dengan ukuran yang disarankan. Selamat mencoba!

Farras Hasna Taqiyya senang belajar hal baru lewat artikel how-to. Belajar menulis sejak 2013 di surat kabar lokal. Kini merambah ke SEO content writing.

Leave a Comment