Wireless Adalah: Pengertian, Fungsi, dan 4 Jenis Wireless

Wireless adalah teknologi yang mampu menghubungkan perangkat tanpa menggunakan kabel. Teknologi wireless banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya menelepon seseorang menggunakan ponsel. Wireless memungkinkan pengguna untuk terhubung ke jaringan dalam jarak dekat maupun jarak jauh. …

Wireless Adalah

Wireless adalah teknologi yang mampu menghubungkan perangkat tanpa menggunakan kabel. Teknologi wireless banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya menelepon seseorang menggunakan ponsel. Wireless memungkinkan pengguna untuk terhubung ke jaringan dalam jarak dekat maupun jarak jauh. Skala jangkauan wireless ditentukan oleh jenis wireless yang akan dibahas dalam tulisan di bawah ini.

Pengertian Wireless

Wireless adalah jaringan komputer yang menggunakan media udara, gelombang elektromagnetik seperti gelombang inframerah, gelombang radio, dan gelombang mikro. Wireless atau dalam bahasa Indonesia disebut nirkabel memungkinkan informasi dan data dapat dikirimkan dan diterima oleh perangkat tanpa kabel.

Baca Juga: Router Adalah: Pengertian, 7 Fungsi, dan Cara Kerja

Fungsi Wireless

Wireless adalah teknologi komunikasi nirkabel yang dapat menghubungkan beberapa perangkat dalam satu koneksi internet, contohnya access point WiFi dalam sebuah bangunan kantor. Lalu apa saja fungsi wireless? Berikut 3 fungsi wireless.

1. Menghubungkan Perangkat ke Jaringan Komputer

Suatu perangkat dapat terhubung dengan perangkat lainnya tanpa kabel. Wireless adalah teknologi yang dapat menjembatani transmisi data antarperangkat lewat gelombang elektromagnetik.

2. Menghubungkan Perangkat ke Internet

Suatu perangkat dapat tersambung ke jaringan internet melalui wireless. Wireless meneruskan dan menerima data melalui koneksi WiFi.

3. Menggantikan Kabel Jaringan

wireless adalah
Photo by Manuel Geissinger.

Wireless menjadi alternatif dari wired network atau jaringan kabel. Wireless fleksibel untuk digunakan, meski kecepatan dan keamanan belum mengungguli jaringan kabel.

Kelebihan Wireless

Wireless adalah teknologi yang populer digunakan dalam setiap kebutuhan telekomunikasi. Teknologi ini sudah merambah kehidupan sehari-hari seperti perangkat elektronik maupun skala global seperti satelit internet. Berikut sejumlah kelebihan wireless.

  • Instalasi fleksibel
  • Konfigurasi mudah
  • Jangkauan lebih luas
  • Bisa menambah jangkauan
  • Ada fitur Wireless Access Point yang bisa menghubungkan LAN (Local Area Network) ke internet, mengatur lalu lintas internet, dan mengoptimalkan fungsi DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)
  • Meningkatkan estetika
  • Ramah lingkungan

Kekurangan Wireless

Wireless adalah teknologi yang praktis. Meski memiliki sejumlah kelebihan, tentu saja terdapat kekurangan wireless yang bisa dicermati untuk mengantisipasi kesalahan teknis. Apa saja kira-kira? Berikut kekurangan wireless.

  • Transmisi data tidak secepat wired network
  • Tidak bisa menembus dinding beton, dinding batu, logam, dan perangkat elektronik seperti microwave, kulkas, atau mesin cuci
  • Rawan terganggu cuaca dan gelombang lain, sehingga koneksi tidak stabil
  • Rawan hacker
  • Biaya pemeliharaan mahal

Jenis Wireless

Wireless Adalah
Gambar oleh fancycrave1 dari Pixabay

Tahukah kamu? Ada empat jenis wireless yang terbagi berdasarkan luasnya jangkauan wireless. Keempat jenis wireless tersebut antara lain WPAN (Wireless Personal Area Network), WLAN (Wireless Local Area Network), WMAN (Wireless Metropolitan Area Netwok), dan WWAN (Wireless Wide Area Network). Inilah penjelasan singkat dari jenis wireless.

1. WPAN (Wireless Personal Area Network)

wireless adalah
Photo by fauxels.

Jaringan area personal ini digunakan perorangan maupun antarperangkat dengan jarak 10 meter – 15 meter. Jenis jaringan ini menggunakan standar IEEE 802.15.4 dan gelombang radio 2,4 Ghz. Contoh WPAN antara lain ponsel, smartwatch, dan printer.

2. WLAN (Wireless Local Area Network)

Jaringan area lokal ini bisa menjangkau lebih dari 2 kilometer. Jenis jaringan ini menggunakan standar IEEE 802.11a dengan kecepatan 54 Mbps. Meski begitu, jaringan ini rawan diretas sebab proses transmisi data menggunakan udara dan gelombang radio.

3. WMAN (Wireless Metropolitan Area Netwok)

Jaringan area metropolitan ini dapat menjangkau lebih dari 8 kilometer – 50 kilometer atau seluruh kota. Jenis jaringan ini menggunakan standar 802.16d dengan kecepatan 75 Mbps. Meski begitu, biaya pemeliharaan jaringan ini termasuk mahal.

4. WWAN (Wireless Wide Area Network)

Jaringan ini mampu menjangkau beberapa kota, negara, bahkan benua. Jaringan ini memanfaatkan satelit untuk memudahkan transmisi data secara cepat. Contoh dari WWAN adalah 4G dan 5G. Meskipun begitu, biaya infrastruktur WWAN sangat mahal.

Cara Kerja Wireless

Wireless adalah jaringan komputer yang mudah dijumpai di kehidupan sehari-hari. Mari kita simak cara kerja wireless yang telah memudahkan transfer data di era ini!

  • Setiap perangkat memiliki transceiver atau pemancar – penerima berupa wireless adapter.
  • Wireless adapter berfungsi mengubah informasi atau data menjadi sinyal radio berbentuk analog. Sinyal radio diterima oleh wireless router.
  • Sinyal radio yang telah terkonversi menjadi sinyal digital kemudian dikirim ke jaringan internet.
  • Selanjutnya wireless adaptor yang dituju menerima sinyal digital tersebut dan diteruskan ke perangkat tujuan.

Kesimpulan

Wireless adalah teknologi telekomunikasi nirkabel berupa jaringan komputer yang menggunakan media udara dan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan paket data. Wireless berfungsi menghubungkan perangkat ke internet dan bisa menggantikan kabel jaringan.

Wireless mudah dipasang dan jangkauannya bisa diperluas. Namun, wireless rawan gangguan cuaca dan biaya operasionalnya terbilang mahal. Ada beberapa jenis wireless, salah satunya adalah WWAN berupa 4G dan 5G yang saat ini banyak digunakan.

Farras Hasna Taqiyya senang belajar hal baru lewat artikel how-to. Belajar menulis sejak 2013 di surat kabar lokal. Kini merambah ke SEO content writing.